Perekonomian Aceh Semakin Membaik

E-mail

Perekonomian Aceh selama Tahun 2012 menunjukkan perkembangan yang semakin membaik.

Dimana pada tahun 2012 perekonomian Aceh tumbuh 6,06 persen tanpa migas dan tumbuh 5,2 persen dengan migas.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Syeh Suhaimi mengatakan pertumbuhan ekonomi Aceh pada tahun 2012 disumbangkan oleh pertumbuhan positif pada delapan sektor, antara lain sektor pengangkutan dan komunikasi sebesar 8,38 persen, di ikuti sektor listrik dan air bersih sebesar 7,33 persen dan sektor keuangan, persewaan dan jasa perusahaan sebesar 7,05 persen.

“kalau kita lihat dalam dua tahun terakhir baik migas maupun non migas maka perekonomian aceh semakin membaik”lanjutnya.

Syeh Suhaimi menambahkan pertumbuhan ekonomi Aceh pada triwulan IV tahun 2012 juga menunjukkan perkembangan yang membaik. menurutnya perekonomian Aceh pada triwulan IV tahun 2012 dengan migas sebesar 1,70 persen, meningkat bila dibandingkan dengan triwulan III tahun 2012 yang besarannya hanya 1,12 persen.
Demikian juga tanpa Migas, perekonomian Aceh triwulan IV tanpa migas tumbuh sebesar 1,94 persen, sedangkan pada triwulan III hanya 1,36 persen.

Pertumbuhan ekonomi Aceh pada triwulan IV tahun 2012 di sumbangkan oleh lima sektor yang mengalami pertumbuhan positif, pertumbuhan tertinggi terdapat pada sektor bangunan sebesar 4,98 persen, pertumbuhan pada sektor bangunan seiring dengan peningkatan realisasi belanja pemerintah Aceh pada akhir tahun.

Share
comments