Sabang Targetkan Disinggahi 30 Kapal Pesiar pada 2017

E-mail

Jumlah kunjungan wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara ke pulau Sabang terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2014 jumlah kunjungan wisatawan nusantara mencapai 512. 992 orang meningkat menjadi 623. 635 orang pada tahun 2015.

Sementara untuk kunjungan wisman pada tahun 2015 mencapai 5.582 orang atau meningkat 61 persen dari kunjungan tahun sebelumnya.

Hal demikian disampaikan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Fauzi Husin disela-sela pembukaan Sabang Marine Festival, Selasa (26/04) sore.

Fauzi menyebutkan untuk tahun 2016 ini hingga April jumlah kunjungan sudah mencapai 6000 orang, dan sebagian besar wisatawan tersebut merupakan pendatang yang menggunakan kapal pesiar. Ia menyebutkan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir jumlah kapal pesiar (Cruise) yang singgah di Sabang terus mengalami peningkatan.

Pada tahun 2016 ini saja jumlahnya telah mencapai 11 cruise. Pihaknya berharap target 30 cruise pada tahun 2017 bisa tercapai. “Dengan semakin ramainya kunjungan wisatawan akan berpengaruh bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat  seperti sektor transportasi bergerak, restoran dan penginapan terus bertambah,”ujarnya.

Fauzi menyebutkan meningkatnya jumlah kunjungan tersebut juga menunjukkan masyarakat dunia telah megetahui keindahan Sabang, baik wisata baharinya, heritage serta budaya.

Sementara itu terkait dengan Sabang Marine Festival, Fauzi menyebutkan hingga Selasa (26/04) sebanyak 14 kapal layar (Yacht) telah tiba di sabang dan sebanyak enam lainnya sedang dalam perjalanan.

Menurutnya kegiatan Sabang Marine Festival juga dimeriahkan dengan sejumlah agenda tradisional lain seperti lomba tangkap bebek, lomba panjat pinang serta lomba mancing.



Share
comments