Jangan Sepelekan “Si Kecil” Busi

E-mail

Jangan Sepelekan “Si Kecil” Busi

Proses sistem kerja pengapian akan berjalan optimal jika busi mobil terawat dengan baik, meskipun busi merupakan bagian mesin mobil yang ukurannya kecil, akan tetapi efeknya sangat besar.

Busi bisa diibaratkan sebagai jantungnya mobil,  jika terjadi kerusakan akan menyebabkan mesin mobil tidak akan bisa menyala.  Oleh karena itu perawatan terhadap busi tidak bisa disepelekan begitu saja, perawatan rutin ke bengkel mobil mutlak dilakukan agar mobil tetap berada dalam kondisi prima.

Normal dan primanya keadaan  mesin mobil bisa dilihat dari ujung insulator dan elektrode busi,  jika ujung insulator dan elektrode busi mobil masih berwarna abu-abu atau coklat, ini menandakan bahwa busi masih masih berfungsi dengan baik.

Jika warna ujung insulator dan elektrode busi berubah warna menjadi hitam ini sebagai indikator busi harus segera diganti sebab bila dibiarkan bisa mengakibatkan pemakaian BBM menjadi lebih boros, asap knalpot menjadi hitam, dan sulitnya menyalakan mobil pada saat kondisi mesin mobil dingin.


Merawat mobil dengan membawa mobil ke bengkel mobil secara rutin sangat penting, ikuti informasi otomotif mengenai kapan saat yang paling tepat untuk servis seperti tertera di buku petunjuk pabrikan mobil yang bersangkutan. dengan perawatan yang rutin biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat jika dibandingkan  harus menunggu mobil sampai rusak.( bengkel nawilis)




Share
comments