Dubes : Aceh Sangat Spesial bagi Turki

E-mail

Duta Besar Turki untuk Indonesia Mehmet Kadri Sander Gurbuz mengakui Aceh sangat familiar dikalangan rakyat Turki, sehingga saat disebut Indonesia di Turki maka rakyat Turki akan mengingat Aceh.

Hal itu menurutnya menunjukkan betapa sangat spesialnya Aceh bagi Turki. Apalagi menurutnya hubungan Turki dengan Aceh bahkan sudah terjalin sejak abad ke 16.

Hal demikian disampaikan Mehmet Kadri Sander Gurbuz saat bertemu walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal, Senin (19/06). Turut hadir wali walikota Zainal Arifin dan Sekda Kota Bahagia.

Mehmet berharap akan ada banyak hal yang bisa dilakukan antara Turki dengan Aceh dan Banda Aceh khususnya kedepan. Turki, menurutnya siap membantu Aceh pada berbagai bidang, terutama bidang pendidikan.

Ia mengaku, pemerintah Turki siap memberikan beasiswa-beasiswa kepada putra-putri Aceh yang akan belajar ke negeri tersebut.

“Selain pendidikan, kami juga siap kerjasama di bidang konstruksi, karena kita tau saat ini perusahaan konruksi Turki merupakan terbaik kedua di dunia setelah China, begitu juga pariwisata, saat ini Turki menempati nomor tujuh dunia, tidak kurang dua juta wisatawan datang ke Turki setiap tahun,”ujarnya lagi.

Sementara itu terkait dengan keberadaan sekolah-sekolah Turki di Aceh, Mehmet menegaskan keberadaan sekolah tersebut tidak ada hubungan dengan pemerintah Turki. Menurutnya sekolah tersebut merupakan milik Fethullah Gulen, tokoh yang berupaya mengkudeta Presiden Erdogan pada 15 Juli 2016 silam.

“Mereka berupaya melakukan kudeta, membom gedung parlemen, membunuh 300 orang, tapi kudeta itu berhasil digagalkan rakyat Turki, dan sejak itu Turki menetapkan organisasi gulen sebagai kelompok teroris,”ujarnya.

Namun demikian pihaknya merencanakan untuk membangun sekolah-sekolah lain yang ada hubungan dengan pemerintah Turki.
Pada kesempatan itu ia juga mengingatkan bahwasanya kedutaan besar Turki yang ada di Jakarta saat ini merupakan rumah bagi masyarakat Aceh. “Jadi kalau kesana silahkan berkunjung ke kedutaan,”lanjut dia.

Sementara itu walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddn Djamal menyampaikan terima kasih dan pengahargaan kepada pemerintah dan rakyat Turki yang sudah cukup banyak membantu Aceh, khususnya pada saat rehab rekon pasca tsunami 2004 silam.

Illiza berharap kerjasama dengan Turki bisa berlanjut pada masa-masa yang akan datang, karena sejarah membuktikan Aceh dengan Turki sangat akrab.

Kepada Dubes Mehmet, Illiza juga menyampaikan bahwasanya Presiden Turki Erdogan merupakan tokoh yang sangat dikagumi oleh masyarakat Aceh.

Share
comments