BKKBN Canangkan Kampung KB Tingkat Kecamatan di Aceh Barat

E-mail

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mencanangkan Gampong Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat  sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) tingkat kecamatan, Kamis (10/08/2017)

Pencanangan dilakukan oleh oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Barat Bukhari  mewakili Bupati   HT. Alaidinsyah. Turut hadir pada pencanangan Kampung KB tingkat kecamatan di Aceh Barat, Dandim 0105/Aceh Barat, Letkol Inf Herry Riana Sukma, Kadis PPPA dan KB, Ir. Cut Aidal Zariati, tokoh masyarakat, tokoh agama, perangkat desa, dan masyarakat setempat.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencan (BKKBN), Dr. dr. M. Yani, M.Kes, PKK mengatakan, sebelumnya masyarakat mendengar BKKBN, kerap mengkaitkannya dengan alat kontrasepsi jangka pendek maupun jangka panjang, namun saat ini, program BKKBN tidak lagi mengarah pada program Keluarga Berencana.

"Kenapa kita mulai di Kampung KB? Kampung KB adalah miniatur program pemerintah, BKKBN sebagai koordinatornya, sampai suatu saat desa ini menjadi desa harapan dan masyarakatnya berkualitas dan sejahtera," ujarnya.

Sementara itu Sekda Aceh Barat,   Bukhari,  mengatakan, program KKBPK sangat penting dijalankan di Aceh Barat, untuk melahirkan generasi muda yang berkualitas dan berkarakter.

"Setiap anak yg dilahirkan perlu kasih sayang, perlu dididik dan diasuh sehingga menjadi anak-anak yang berkualitas dan berguna bagi bangsa dan negara. Kampung KB dan pembangunan keluarga harus diwujudkan, sehingga program KKBPK dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat harus tercapai," tegasnya.

Sedangkan Keuchik Suak Indrapuri, Rosni mengharapkan setelah pencanagan Kampung KB Seujahtra, desa yang pernah hilang karena tsunami dapat dibangun kembali. Selain itu, mantan aktifis perempuan ini juga berharap program KKBPK dan pembangunan dapat dilakukan penuh perencanaan dan perlu dilakukan pemetaan wilayah.

"Pembangunan perekonomian dan keluarga diharapkan nanti tidak terlepas dari agama, kesehatan, dan pendidikan. Perencanaan keluarga akan dibangun dari mulai menikah hingga mengasuh anak. Karena membangun keluarga yang sejahtera menjadi tanggungjawab orangtua. Mari sama-sama kita wujudkan generasi yang kuat agamanya, kuat karakternya," demikian ajaknya.

Pada pencanangan Kampung KB Seujahtra di Gampong Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, digelar beragam kegiatan bakti sosial antara pemeriksaan kesehatan dan pelayanan KB gratis. Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh menurunkan 1 unit mobil pelayanan KB dari Banda Aceh. Pada kegiatan bakti sosial itu, 40 aseptoer memasang alat kontrasepsi Impan dan IUD.

Share
comments