Walikota Berharap Semua Gampong di Banda Aceh Jadi Gampong KB

E-mail

Pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali akan berdampak negatif terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat secara langsung, sebab kehidupan dan kesejahteraan keluarga akan terhambat, terutama bagi keluarga yang perekonomian dan pendapatannya belum memadai. Dan salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah melalui program Keluarga Berencana (KB).

“Oleh karena itu, Pemerintah Kota Banda Aceh sangat berharap setiap gampong di kota ini dapat menjadi Gampong KB,” begitu ungkap Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman saat mencanangkan Ulee Lheue sebagai pilot project Gampong KB di Kecamatan Meuraxa, Rabu (11/10/2017).

Menurutnya, Gampong KB sebagai program nasional merupakan salah satu upaya pemerintah yang menitikberatkan pada keberhasilan suatu gampong dalam meningkatkan kualitas keluarga yang sejahtera, serta terlibat aktif di dalam berbagai program pembangunan.

“Program KB mempunyai arti yang sangat penting, khususnya dalam upaya mewujudkan masyarakat Kota Banda Aceh yang sejahtera. Program ini juga langkah penting dalam mencapai pembangunan berkelanjutan, yang diarahkan pada upaya pengendalian kuantitas dan kualitas penduduk serta perwujudan keluarga kecil yang sejahtera,” katanya.

Ia pun meyakini keberhasilan program Gampong KB akan menjadi pondasi pembangunan yang merata dan terarah. “Mudah-mudahan dengan adanya Gampong KB ini, seluruh program pembangunan berbasis keluarga akan dapat terus kita tingkatkan, termasuk program-program kesehatan dan pendidikan lainnya yang berimbas secara langsung maupun tidak langsung kepada peningkatan kualitas keluarga,” pungkasnya.

Kepala DP3AP2KB Banda Aceh Media Yulizar menyebutkan, Ulee Lheue merupakan Gampong KB keempat tingkat kecamatan yang telah dicanangkan oleh Pemko Banda Aceh bersama BKKBN tahun ini. “Tiga gampong sebelumnya yakni Gampong Mulia, Lampaloh, dan Lamjame. Untuk Ulee Lheue kita beri nama Gampong KB Cemara.”lanjutnya.

“Besok Kamis (12/10), akan kita canangkan Gampong Jawa sebagai Gampong KB Kecamatan Kuta Raja. Selanjutnya akan kita canangkan empat Gampong KB lagi di empat kecamatan lainnya. Taget kita pada akhir Oktober ini, seluruh kecamatan di Banda Aceh telah memiliki satu Gampong KB sebagai pilot project,” katanya pada acara yang turut dihadiri oleh Kabid KBKR BKKBN Aceh M Razali dan Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah tersebut.

Share
comments