BKKBN Diharapkan Buat Program Lanjutan di Gampong KB

E-mail

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyebutkan, program Keluarga Berencana (KB) sebagai ‘senjata pamungkas’ dalam mewujudkan keluarga sejahtera.

Hal itu disampaikan Aminullah saat mencanangkan Gampong Jawa sebagai pilot project Gampong KB Kecamatan Kuta Raja, Kamis (12/10/2017).

Walikota berharap pencanangan Gampong Jawa sebagai salah satu pilot project Gampong KB di Banda Aceh mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

“Apa yang kita canangkan hari ini untuk kepentingan kita semua, dan tidak ada artinya program ini tanpa dukungan dari masyarakat gampong. Mari sama-sama kita sukseskan program KB untuk menggapai keluarga sejahtera,” ajaknya.

Pada kesempatan itu, wali kota juga mengharapkan BKKBN untuk menggelar program lanjutan di Gampong KB berupa program-program peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Salah satunya pemberian modal usaha bagi kelompok-kelompok usaha masyarakat yang ada di Gampong KB,” katanya seraya menyebut Pemko Banda Aceh juga sudah menyiapkan sebuah lembaga keuangan mikro syariah untuk hal tersebut.

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Kota Banda Aceh Media Yulizar menyebutkan Gampong KB tingkat Kecamatan Kuta Raja merupakan gampong KB kelima yang dicanangkan pihaknya bersama BKKBN Aceh.

“Sebelumnya kita sudah mencanangkan gampong KB di Gampong Mulia, Lampaloh, Lamjame, dan Ulee Lheue. Insya Allah minggu depan akan kita canangkan di Gampong Peuniti, Ceurih, Tibang, dan Lam Ara.”lanjutnya.

Ia menambahkan, dengan adanya gampong KB percontohan di seluruh kecamatan yang ada di Banda Aceh, pihaknya berharap kualitas hidup masyarakat gampong akan meningkat melalui program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

“Program ini akan kita implementasikan dalam bentuk kelompok kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R)nya, Bina Keluarga Lansia (BKL), Unit Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), serta pembangunan sektor terkait lainnya seperti kesehatan,” jelasnya pada acara yang turut dihadiri oleh Plt Kepala BKKBN Aceh Husni Thamrin dan Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah tersebut.

Share
comments