Radio siaran adalah saluran bagi kebebasan informasi, penerangan, pertukaran gagasan, pertukaran opini, pendidikan, dan hiburan bagi masyarakat. Dalam melaksanakan peran tersebut radio siaran mengutamakan kepentingan umum, nilai-nilai demokrasi, norma-norma dan budaya masyarakat serta hukum yang berlaku.
Radio siaran memiliki keunggulan dalam hal kecepatan informasi yang disampaikan kepada audience pendengar dengan zona jangkauan siaran yang luas. Disamping itu untuk memperoleh berita dan informasi dari radio masyarakat tidak perlu mengeluarkan uang. Media radio memiliki peranan penting dalam misi penerangan, pendidikan dan hiburan melalui format siaran berupa berita, talk show, informasi dan program iklan layanan masyarakat. Selain keunggulan yang telah disebutkan di atas media radio memiliki kekuatan :

- menjangkau jumlah khalayak sasaran yang besar pada waktu yang bersamaan
- menjangkau individu atau kelompok masyarakat yang hidup terpencil dan terpencar-pencar
- cepat menyampaikan pesan sehingga dapat memberikan informasi mutakhir yang berguna
- mengatasi berbagai kendala geografis

Mengingat keunggulan-keunggulan yang dimiliki radio, maka radio dapat mengambil peranan penting dalam membantu sosialisasi berbagai program. Kantor Berita Radio Antero yang beranggotakan stasiun radio di hampir seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Aceh, siap menfasilitasi berbagai program Publikasi Dan Informasi. Kantor Berita Radio Antero memiliki anggota jaringan sebagai berikut: