PILKADA ACEH

Aminullah Sementara Unggul di Banda Aceh

E-mail

Wednesday, 15 February 2017 19:58

Pasangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin unggul sementara pada pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh 2017-2022.

Data yang dihimpun Antara di Banda Aceh, Rabu, pasangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin unggul 18.283 suara. Sedangkan pasangan Hj Illiza Saaduddin Djamal hanya meraup 9.401 suara. Sedangkan surat suara rusak sebanyak 592 lembar dan surat suara sisa mencapai 9.604 lembar.

Dari data tersebut, pasangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin unggul di semua kecamatan di Kota Banda Aceh. Dari sembilan kecamatan di ibu kota Provinsi Aceh itu, suara terbanyak diraih Aminullah Usman dan Zainal Arifin di Kecamatan Ulee Kareng mencapai 3.323 suara.

Di Kecamatan Syiah Kuala, pasangan nomor urut dua ini juga meraih 3.141 suara. Di Kecamatan Baiturrahman, pasangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin meraih 3.132 suara.

Unggul suara juga diraih pasangan yang diusung Partai Nasdem, PAN, Partai Golkar, dan Gerindra tersebut di Kecamatan Kuta Alam. Di kecamatan itu, Aminullah Usman dan Zainal Arifin meraih 2.713 suara.

Di Kecamatan Banda Raya, Aminullah Usman dan Zainal Arifin juga unggul dengan meraih 1.760 suara. Di Kecamatan Lueng Bata, pasangan ini meraih 1.478 suara.

Aminullah Usman dan Zainal Arifin juga unggul di Kecamatan Jaya Baru dengan meraih 1.256 suara. Serta di Kecamatan Meuraxa dan Kecamatan Kutaraja masing-masing 1.055 suara dan 965 suara.

Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh hanya diikuti dua pasangan calon. Yakni pasangan nomor urut satu Hj Illiza Saaduddin Djamal dan Farid Nyak Umar. Sedangkan pasangan nomor urut dua yakni Aminullah Usman dan Zainal Arifin.

Hj Illiza Saaduddin Djamal merupakan Wali Kota Banda Aceh sisa masa jabatan 2012-2017. Sedangkan Zainal Arifin merupakan Wakil Wali Kota Banda Aceh sisa masa jabatan 2012-2022. Antara

 

Unggul di 12 Daerah, Mualem Klaim Menangi Pilkada

E-mail

Wednesday, 15 February 2017 19:26

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh nomor urut lima, Muzakir Manaf-TA Khalid unggul terhadap lima pasangan calon lainnya bedasarkan perhitungan quik qount Partai Aceh.

Hal demikian disampaikan Calon gubernur Aceh Muzakir Manaf pada konferensi pers di kantor pusat pemenangan, Rabu (15/02).

Muzakir Manaf mengatakan, pasangan yang diusung oleh Partai Aceh dan gabungan beberapa partai nasional itu unggul dengan angka 41,52 persen, disusul pasangan calon nomor urut enam dengan perolehan 31,96, kemudian paslon nomor urut satu 14,36, paslon nomor urut empat 5,2 persen, paslon nomor urut dua 5,02 persen dan paslon nomor urut tiga 1,9 persen.

“Ini bedasarkan data saksi kita dilapangan. Kita gelar konferensi pers ini karena dipihak lain juga sudah ada yang mengklaim menang,”ujarnya.

Sementara itu calon wakil gubernur Aceh TA Khalid meminta tim dilapangan agar tetap solid dan tetap siaga dan waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi. “Semoga ini menjadi kenyataan dan akan ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur Aceh,”ujarnya.

TA Khalid menyebutkan, pasangan nomor urut lima itu unggul di 12 kabupaten kota seperti Aceh Timur, Aceh Utara, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Simeulu dan Nagan Raya. Dan Kalah di 11 kabupaten kota seperti Banda Aceh, Aceh Besar, Bireun, Langsa dan Aceh Tenggara.

 
 

Pangdam Keliling TPS Pastikan Keamanan Pilkada

E-mail

Wednesday, 15 February 2017 14:13

Panglima Kodam (Pangdam) Iskandar Muda (IM) Mayjen TNI Tatang Sulaiman meninjau beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Banda Aceh untuk memastikan situasi keamanan. Ia datang ditemani unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh.

Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda, Letkol Kav Rusdi, mengatakan, Pangdam sengaja turun langsung untuk memastikan keamanan pada hari pemungutan suara. Ada lima TPS yang disambanginya bersama pejabat-pejabat di Aceh.

"Kunjungan ini untuk mengecek keamanan jalannya pemungutan suara," kata Rusdi dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (15/2/2017).


Ikut dalam rombongan tersebut di antaranya Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Daniel Cardin juga Wakapolda Aceh Brigjen Pol, Bambang Soetjahyo. Selain itu ada pula Ketua Kejaksaan Tinggi Aceh, Raja Nafrizal, Jaksa Utama Madya, Kabinda Aceh Brigjen TNI Ruruh, Kepala Korp Polairud Brigjen Pol. M. Chairul Nur Alamsyah,Sekda dan Ketua KIP Ridwan Hamid serta pejabat tinggi Kodam Iskandar Muda.

Lima TPS yang dikunjungi Pangdam yaitu TPS Barata Kampung Baru, TPS 01-03 Blang Oi, Kecamatan Meuraxa, TPS SMP 9 Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, TPS SMA 5 Kopelma Darussalam, dan TPS Desa Rukoh, Kecamatan Syiah Kuala, Semua TPS tersebut bertempat di wilayah Banda Aceh.

"Kami melihat pelaksanaan berjalan lancar, tenang, penuh keceriaan dan antusias dari masyarakat, termasuk petugas penyelenggara," jelas Rusdi.

Untuk membantu mengamankan jalannya Pilkada Aceh, Pangdam IM telah mengerahkan 7.327 personel TNI. Jumlah tersebut dibagi menjadi pasukan BKO ke Polda 1.845 personel, pasukan di bawah kendali Panglima Kodam IM 1.645 personel, pasukan cadangan 1.500 personel dan Pasukan satkowil 2.337 personel.

Jumlah kekuatan personel yang dipersiapkan untuk membantu pengamanan proses berlangsungnya Pilkada hari ini juga diperkuat dengan dua Helikopter jenis MI 17 dan Bell 412, ditambah dengan 12 Unit Anoa yang dipersiapkan untuk situasi kontijensi.

DETIK.COM

 
 

Page 7 of 50